KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG BERMUTU PATUT KITA TERAPKAN GUNA MENSTABILKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG KITA HARAPKAN



Kepemimpinan merupakan suatu tauladan yang patut di turuti oleh orang orang yang dipimpin dari berbagai arah dan tujuan, Dalam sikap kepemimpinan diperlukan memiliki jiwa Pembaharuan ,Pembaharuan menuntut sebuah transparansi yang mengarah kepada proses pemciptaan keadaan yang baru.

Dalam mewujudkan sebuah pembaharuan, pemimpin merupakan ujung tombak.Karena, kepemimpinan memiliki peran yang strategis dalam menentukan keberhasilan sebuah organisasi. dikutip dari sebuah buku Kandaga(Peduli Pendidikan Pemuda dan Olahraga).


Pemimpin harus memiliki mental yang kuat,yang mampu mengatasi kemungkinan kemungkinan yang terjadi,Memiliki cita cita dan inovasinatau pembaharuan, Keberhasilan Suatu Organisasi dalam memcapai suatu tujuan nya harus didukung oleh adanyaefektivitas, dinamis dan harmonis yang dibangun dan dikembangkan oleh seorang pemimpinMengapa demikian Karena kepemimpinan merupakan sumber paling utama dan menentukan dalam sebuah organisasi.

Termasuk juga dalam lingkungan Pendidikan kepala sekolah mempunyai peran penting dalam menstabilisasikan Pendidikan Dsekolah dan pendidik pendidik yang inovatif serta kreatif,dalam menyusun dan mengkrangkakan pendidikan disekolah.

Dalam terminologi ini, kepemimpinan tidak hanya dipandang sebagai status dalam organisasi, akan tetapi sebagai sebuah pertanggug jawaban melaksanakan hal hal yang hakiki.kepemimpinan transparansional akan membawa tujuan organisasi ke arah pencapaian tujuan organisasi.Untuk itu dibutuhkan proses yang menjembatani sikap kemungkinan perubahan yang  yang menguntungkan organisasi da memfasilitasi orang orang yang terlibat didalamnya.
Kepemimpinan hendaknya dipandang sebaga hal yang wajar pula. Dengan demikian, dalam sebuah kontek pembaharuan kepemimpinan,harus memiliki cita cita dengan kepekaan, kemampuan, dan kemauan yang tinggi.

Menurut Rolm B.Possy(2003) mengatakan seorang pemimpin hendaknya:
1. memiliki informasi Yang banyak dan luas
2.mempunyai pendapat atau pendirian yang kelas tentang segala masalah ,baik didalam maupun dari luar bidang aktifitasnya.
3. mempunyai kepercayan yang teguh terhadap diri sendiri.
4. mempunyai keahlian dalam mengutarakan pendapat atau isi hati.
5. mempunyai kesediaan yang besar untuk memikul tanggung jawab.

Dalam Prakteknya kepala sekolah adalah sebagai contoh pemimpin pendidikan dengan melihat dari status dan tata cara pengangkatannya termasuk kedalam status leader Yang memainkan kedudukan dan srtategis sebagai pemimpin sekolahyanb menjad tanggung jawabnya.

Karakteristik pemimpin

Dalam kontek peraingan persaingan mutu yang berevolusioner dimana peradigma perubahan menetapkan pada kelangsungan hidup organisasi,sangat di tentukan oleh mutu.
Mutu adalah jantungnya kehiduppan organisasi tanpa mutu organisasi akan lumpuh dan mati, maka Pemimipin dituntut harus memiliki  karakteristik:

1. Memiliki visi yang kuat serta mampu merencanakan masa depan organisasi berkaitan dengan kemungkinan kemungkinan perubahan yang kan terjadi 5-10 yang akan datang.
2. selalu berorientasi untuk menghasilkan kinarja
3. menyelaraskan kinerja antara komponen dengan tingkat kinerja
4. menciptakan mitra kerja
5. memiliki loyalitas pada etika kerja
6. mampu merencanakan kerja dengan cermat  

Dalam hubungannya dengan kepemimpinan kepala sekolah  maka sudah selayaknya kepala sekolah memungsikan diri .yakni sebagai perencaa , pelaksana, dan penetu kebijakan . Pola pola Kepemimpinan tradisional yang kurang baik karena sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan jaman, dan tentunya sudah harus ditinggalkan .


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel