Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah SD,SMP dan SMA 2018/2019
Thursday, April 4, 2019
Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Menengah dan Atas
Gerakan Ini Istilah dari Pahlawan pendidikan kita terdahulu yaitu Ki Hajar Dewantara yang di sebut gerakan penumbuhan budi pekerti, Tujuan kita sebagai pembina moral anak bangsa yaitu menjadikan anak didik kita bermoral dan berbudi luhur bukan hanya pintar atau mengerti ilmu umum nya saja melainkan dari watak dan sifat serta mental yang terlahir serta tumbuh dari hati mereka masing masing.
Sangat mendukung sekali jika anak didik kita selain pintar dari ilmu pengetahuan nya dan mempunyai watak moral yang terpuji juga, maka dari itu lah tugas kita sebagai pendidik di mulai lah dari sekarang untuk membentuk nya suatu keberhasilan seorang guru ,jika anak berprestasi dari berbagai hal disertai dengan moralitas yang terpuji juga.
B. Tri pusat pendidikan budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara :
1. Lingkungan keluarga
2. Lingkungan sekolah
3. Lingkungan masyarakat
Istilah budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara sering disebut adab atau akhlak. Ilmu budi pekerti mempelajari segala sesuatu tentang kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia. Budi pekerti atau watak diartikan sebagai bulatnya jiwa manusia, dalam bahasa asing disebut juga sebagai “karakter” yaitu jiwa yang berazas hukum kebatinan.
Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah SD,SMP dan SMA 2018/2019 |
Sangat mendukung sekali jika anak didik kita selain pintar dari ilmu pengetahuan nya dan mempunyai watak moral yang terpuji juga, maka dari itu lah tugas kita sebagai pendidik di mulai lah dari sekarang untuk membentuk nya suatu keberhasilan seorang guru ,jika anak berprestasi dari berbagai hal disertai dengan moralitas yang terpuji juga.
A. Pelaksanaan Budi Pekerti
1. Ing Ngarsa Sung Tulada berarti di depan memberi teladan/contoh
2. Ing Madya Mangun Karsa, membina kehendak, kemauan dan hasrat. Ing Madya, di tengah-tengah harmonis dan terbuka. Pamong atau pendidik sebagai pemimpin.
3.Tut Wuri Handayani, mengikuti dari belakang agar penuh perhatian dan tanggung jawab berdasarkan cinta dan kasih.
B. Tri pusat pendidikan budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara :
1. Lingkungan keluarga
2. Lingkungan sekolah
3. Lingkungan masyarakat
C. Implementasi Penumbuhan Budi Pekerti
Tujuh cara menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti :
1. Menumbuhkan nilai-nilai moral dan spiritual
2. Menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan
3. Mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dengan guru dan orangtua
4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik
5. Merawat diri dan lingkungan sekolah
6. Mengembangkan potensi diri peserta didik secara utuh
7. Melibatkan orangtua dan masyarakat di sekolah
link file Format Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah