BAGAIMANA CARANYA AGAR PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS BERHASIL BAIK ?

Dengan uraian di bawah ini mudah mudah Pendidik bisa berhasil mendongkrak peroses pembelajaran belajar mengajar secara transfer ilmu dengan baik selain kita memenuhi kegiatan pembelajaran wajib kita harus menyediakan administrasi yang baik dan tepat karena keberhasilan belajar mengajar tertumpu pada administrasi pembelajaran seperti (RPP,Silabu, Materi Ajar, Alat Peraga,serta program pembelajaran ) itu kiranya yang utama harus kita persiapkan terlebih dahulu.


BAGAIMANA CARANYA AGAR PROSES BELAJAR MENGAJAR 
DI KELAS BERHASIL BAIK  ?


Dilema pendidikan saat ini, masyarakat indonesia telah menilai hasiil pendidikan di  indonesiasaatinimasih sangat rendah, benrkah? Hal ini kita sebagai pendidik juga sebagai bangsa indonesia sangat prihatin mendengar keluh kesah yang di rasakan masyarakat. Untuk meningkatkan hasil pendidikan di indonesia agar berhasil dengan baik, tentunya setiap individu guru harus biasa mengantisifasi pekerjaan dari hal yang sangat erat kaitannya dengan proses belajar mengajar di dalam kelas. Bagaimana cara agar proses belajar mengajar di dalam kelas berhasil terhadap hasil pembelajaran siswa baik hasil kerja kelompok maupun hasl kerja individu.

1. Ciri  Ciri Proses Belajar Mengajar Dengan Baik.

A. Guru yang menguassai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.
b. Guru sudah harus membuat administrasi seperti:bahan ajar, RPP, soal tes, analisa soal,  sesuai jadwal pelajaran.
c. Guru memberikan penilaian terhadap hasil pembelajaran siswa baik hasil kerja kelompok maupuan hasil kerja individu.
d. Segera memberikan remedial terhadap siswa yang kurang mampu berfikir, untuk mengadakan bimbingan khusus,supaya berhasil pendidikan bisa benar benar dikatakan berhasil dengan baik dan merata.
e. Guru harus bisa menyemangati terhadap anak didik supaya kiat kiat belajar, baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah.
f. Guru harus mau memberikan motivasi, aspirasi agar selalu membiasakan belajar secara teratur.

Hal hal tersebut di atas bisa dijadikan sebagai berikut:

a. Guru harus menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa, yang dimaksud adalah  :sebelum guru itu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, guru itu sendiri sudah harus membaca terlebih dahulu Bahan Ajar” yang akan disampaikan kepada peserta didik, sehingga nanti pada waktu melaksanakan pembelajaran didepan kelas tidak grogi, dan tujuan supaya hasil proses belajar mengajar memenuhi kriteria baik.untuk melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas yang bisa berhasil dengan baik itu tidak mudah seperti membalikan tangan , harus melalui proses yang nyata.

b. Guru harus sudah membbuat RPP,Bahan Ajar, Analisa, soal soal tes,dan sebagainya, Hal itu sangatlah wajar karena guru kalau tidak mau mengajar , harus berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai. Melaksanakan tugas tanpa menggunakan (RPP)akan terlepas  dari rel yang sudah di tentukan akan terlepas dari jalan yang ada, juga selain itu administrasi pun harus dibuat secara teratur karena demi masa depan pendidikan indonesia.

c. Guru selalu memberikan penilaian terhadap baik kerja kelompok maupun, maupun tugas secara individu, hal ini benarkarena : Penilaian adalah salah satu unsur untuk melihat apakah pelaksannan proses pembelajaran guru itu sudah berhasil atau belum ?
dengan penilaian ini kita sebagai guru dapat mengontrol diri pribadi anak didik anak itu sudah pandai atau belum? Maish belum mengerti , atau anak yang jenius.

d. Guru segera memberikan remedial terhadap siswa yang kurang mampu dalam berfikir berupa bimbingan khusus. Sesuai dengan tujuan pendidikan adalah meningkatkan kecerdsan anak didik di seluruh tanah iar demi kemajuan anak bangsa.selain dari itu dalam menindaklanjuti selanjutnya guru memberikan remedial khusus untuk memdidik anak lebih banyak lagi pengetahuan serta kedepannya bisa memecahkan masalah yang akan dihadapinya.

e. Guru harus pandai dalam menyemangati anak supaya kiat kiat belajar, baik belajar di rumah, maupun di sekolah, setelah itu dilihat perkembangan dan perhatikan perkembangan anak tersebut. Sehingga kedepannya kita memebimbing siswa lebih mudah dan lebih terarah lagi.

f. Guru selalu memberikan dorongan maupun aspirasi terhadap anak didik dalam menindak lanjuti,tujuannya untuk mendongkrak agar siswa mau belajar serta beraktifitas di rumah dorongan yang paling kuat anak didik yang paling utama yaitu di luar sekolah  (rumah) selain waktu lebih banyak mereka lebih ekspresif lagi dengan bebas.

g.memberikan sugesti terhadap anak didik itu sangat penting,karena bisa membesarkan hatinya dengan kata kata sanjungan supaya diri anak tidak selalu minder, penakut justru jiwa anak harus jadi pembetani.

Penunjang Keberhasilan Proses Pembelajaran berhasil dengan baik :

1. Menggunakan metode yang tepat , artinya metode yang sesuai dengan Tema” Pada saat mengajar siswa
2. menggunakan alat peraga yang tepat artinya pada waktu pelaksanaan proses belajar mengajar, walaupun dengan alat peraga itu sangat sederhana misal dengan gambar atau dengan langsung menyediakan alat peraga.

3. Guru menyediakan alat tes secara riil dan rasional.
Kiranya demikian penyampaian karakteristik tentang proses Belajar Mengajar yang baik di kelas,dengan kematangan melakukan proses belajar mengajar semua anak didik yang kita didik akan sesuai yang kita harapkan.

SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA AMIIIN  !!!!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel