PENYUSUNAN PEMBELAJARAN DI PAUD, TK DAN RA
Sunday, May 19, 2013
Dalam membuat penyusunan Pembelajaran di PAUD oleh guru paud haruslah memperhatikan di antaranya...
Rencana pembelajaran jangka panjang berisi rencana kegiatan anak untuk satu tahun. Rencana pembelajaran juga akan memberikan gambaran tentang kegiatan kunjungan ke luar dan acara-acara khusus yang akan dilakukan sesuai dengan peristiwa khusus yang terjadi pada bulan-bulan tertentu seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.
b. Rencana Kunjungan ke Luar sekolah (studi wisata)
Bila memungkinkan dapat dibuat rencana kunjungan ke luar. Kunjungan ke luar berisi rencana kegiatan anak untuk mengunjungi suatu tempat pada saat tertentu. Rencana ini mencakup persiapan-persiapan yang perlu dilakukan, antara lain; rute perjalanan, hal yang paling menarik bagi anak dari tempat tersebut, dimana anak akan makan siang dan dimana anak harus ke toilet, transportasi yang akan digunakan serta keterlibatan orangtua dalam kunjungan.
Pendidik PAUD perlu menyampaikan surat pemberitahuan berisi informasi mengenai tujuan studi wisata, tempat studi wisata, waktu pelaksanaan (hari, tanggal, jam), dan biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua. Kunjungan ke tempat tertentu dapat dilakukan setiap bulan sekali, tiga atau enam bulan sekali tergantung kebutuhan.
c. Rencana Jangka Pendek
Rencana jangka pendek biasanya rencana yang disusun untuk kegiatan pembelajaran satu minggu. Pada kegiatan mingguan dapat dimasukkan kegiatan-kegiatan yang disukai oleh anak seperti memasak bersama, atau kegiatan berenang.
Bentuk perencanaan kegiatan jangka pendek lebih difokuskan pada proses penciptaan lingkungan bermain anak yang beragam, antara lain mencakup:
Kemampuan-kemampuan yang diharapkan muncul pada anak yang tertuang dalam indikator-indikator pengembangan setiap aspek (kognitifi, bahasa, sosial-emosi, moral, motorik, seni). Indikator ini dapat diambil dari Menu Generik Pembelajaran Anak Usia Dini, disesuaikan dengan ruang lingkup usia anak, misalnya untuk anak 2-3 tahun atau 3-5 tahun.
Kosa Kata yang dikembangkan (sesuai tema)
Misalkan kita akan mengembangkan tema binatang maka kosa kata yang dapat dikembangkan kepada anak antara lain: nama-nama binatang: kerbau, sapi harimau, ayam, burung dsb.
Makanan burung
Jagung, bersas, pellet dsb.Menyayangi binatang, penyakit binatang. Dsb.
Lagu, sajak, cerita yang mendukung tema.
Lagu dengan tema kebun yang dapat diajarkan kepada anak adalah: kebun(lihat kebunku, penuh dengan bunga).
Konsep baru yang ingin dikembangkan:
1) Binatang merupakan makhluk hidup
2) Binatang memerlukan kasih sayang manusia, ada binatang yang bisa dipelihara dan tidak dipelihara.
3) Binatang sangat diperlukan oleh manusia karena banyak manfaat yang bisa diberikan oleh binatang.
Tujuan Kegiatan
Tujuan merupakan sesuatu yang diharapkan dicapai setelah pembelajaran berlangsung. Jika kita menggunakan tema binatang dalam pembelajaran, kita dapat merumuskan tujuan kegiatannya sebagai berikut:
Melalui partisipasi anak dalam pembelajaran dengan tema binatang anak-anak akan belajar mengenai : nama-nama binatang, jenis-jenis binatang , berbagai makanan binatang , menyayangi binatang ds.
d. Rencana Harian
Kegiatan harian merupakan rencana (jadwal) yang dilakukan oleh anak dalam satu hari tersebut. Jadwal harus disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak, kebutuhan bermain dan memberi waktu yang cukup untuk kegiatan yang dipilih anak. Selain itu, jadwal yang baik untuk anak harus memperhatikan keseimbangan berbagai jenis aktivitas yang meliputi:
- Waktu beraktivitas dan waktu tenang/istirahat
- Waktu kegiatan kelompok besar, kelompok kecil dan waktu untuk bermain sendiri atau bersama-sama.
- Waktu bermain di dalam ruangan dan di luar ruangan
- Waktu untuk pilihan aktivitas anak sendiri dan waktu untuk aktivitas di bawah pimpinan pendidik
Di samping kegiatan di atas perlu juga disediakan waktu yang cukup untuk kegiatan-kegiatan rutin berikut ini :
- Waktu kedatangan dan pulang
- Waktu makan/snack
- Waktu istirahat/rehat
- Waktu kegiatan mandiri; toilet training, berpakaian, mencuci tangan
- Waktu transisi/perpindahan dari satu kegiatan ke kegiatan lain.
PENYUSUNAN PEMBELAJARAN DI PAUD, TK DAN RA di sini !!